Skip to main content

Peternakan Kambing Kacang


Kambing kacang adalah ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Badannya kecil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 sentimeter hingga 65 sentimeter, sedangkan yang betina 56 sentimeter. Bobot pada yang jantan bisa mencapai 25 kilogram, sedang yang betina seberat 20 kilogram. Telinganya tegak, berbulu lurus dan pendek. Baik betina maupun yang jantan memiliki dua tanduk yang pendek.

Bibit


Pemilihan bibit harus disesuaikan dengan tujuan dari usaha, apakah untuk pedaging, atau perah (misalnya: kambing kacang untuk produksi daging, kambing etawah untuk produksi susu, dll). Secara umum ciri-ciri bibit yang baik adalah yang berbadan sehat, tidak cacat, bulu bersih dan mengkilat, daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan.


Induk:


Tubuh kompak, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus, tubuh besar, tapi tidak terlalu gemuk.
  • Jinak dan sorot matanya ramah.
  • Kaki lurus dan tumit tinggi.
  • Gigi lengkap, mampu merumput dengan baik (efisien), rahang atas dan bawah rata.
  • Dari keturunan kembar atau dilahirkan tunggal tapi dari induk yang muda.
  • Ambing simetris, tidak menggantung dan berputing 2 buah.


Penjantan


Tubuh besar dan panjang dengan bagian belakang lebih besar dan lebih tinggi, dada lebar, tidak terlalu gemuk, gagah, aktif dan memiliki libido (nafsu kawin) tinggi.
  • Kaki lurus dan kuat.
  • Dari keturunan kembar.
  • Umur antara 1,5 sampai 3 tahun.


Penyakit


Pencegahan penyakit melalui sanitasi kandang yang baik, makanan yang cukup gizi dan vaksinasi. Penyakit yang sering menyerang kambing adalah: cacingan, kudis (scabies), kembung perut (bloat), paru-paru (pneumonia), orf, dan koksidiosis.


Panen


Meningkatkan nilai tambah dari produksi ternak, baik daging, susu, kulit, tanduk, maupun kotorannya. Bila kambing hendak dijual pada saat berat badan tidak bertambah lagi (umur sekitar 1 - 1,5 tahun), dan diusahakan agar permintaan akan kambing cukup tinggi.

Harga diperkirakan berdasarkan : berat hidup x (45 sampai 50%) karkas x harga daging eceran.
Recent Post

Popular Posts

Jasa Cetak Spanduk Murah dan Berkualitas Bisa Antar Jemput Rawamangun Jakarta Timur

Percetakan Hendra Roper , mengerjakan pembuatan  Cetak Spanduk  (Horizontal Banner) dan  Cetak Umbul - umbul  (Vertikal Banner) dengan jenis media cetak menggunakan Digital Print Plastik (bahan Flexy), dan dengan cara Sablon untuk bahan kain. Layanan Cetak Spanduk Murah Dengan  Cetak Spanduk  dan  Umbul-umbul,  yang di Print secara print digital akan menghemat biaya dan waktu anda dan dalam waktu yang cepat pekerjaannya dan menyelesaikannya. Dengan spanduk cetak digital yang Anda buat akan sama sesuai dengan desain / file yang Anda buat tanpa perlu memperhatikan jumlah dan warna yang terkandung dalam spanduk, seperti yang dilakukan dalam proses Sablon Spanduk di media kain . Biaya konstruksi Spanduk & Umbul - umbul dengan cara Sablon dengan kuantitas sedikit terutama dengan banyak warna (full) maka biaya akan lebih mahal dibandingkan dengan cara cetak digital. Adapun harga yang kami tawarkan untuk  Cetak Spanduk dan Umbul-Umbul , harga bisa saja berva

Jasa Cetak Sertifikat & Piagam Murah Berkualitas Bagus Rawamangun Jakarta Timur

Jasa Cetak Sertifikat & Piagam Murah Berkualitas Bagus Rawamangun Jakarta Timur Diposkan oleh  Hendra Kotoanyer   di  22:33:00 Percetakan Hendra Roper dan Foto Copy Aneka Jaya - kami menerima layanan untuk mencetak  Sertifikat / Piagam Penghargaan  dengan pengerjaan Express desain bias di tunggu, dan bisa langsung naik cetak tanpa menunggu berlama-lama. Kami telah sudah berpengalaman di kami , sehingga kami akan memberikan kualitas terbaik dan bagus untuk orderan anda, dengan proses yang cepat dan hasil yang berkualitas bagus dari kami yang kompetitif selalu menajadikan kami dipercaya oleh konsumen. Jasa Cetak Sertifikat / Piagam Penghargaan Murah Jenis bahan kertas yang sering digunakan yaitu untuk pembuatan sertifikat / piagam penghargaan seperti: - Kertas Concord - Kertas Linen - Kertas BW - Kertas Jasmin - Art Carton - Dan masih banyak lagi dengan kualitas kertas yang lainnya. Adapun harga yang kami tawarkan untuk pembuatan sertifikat / piagam, harga
Copyright © Bekolai. All rights reserved.